Friday, February 19, 2016

Penyebab bunyi kretek pada persendian

Berjumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan membahas "Penyebab bunyi kretek pada persendian". Kalian seringkan membunyikan suara "Krek ataupun Kretek" pada tubuh misalnya pada lutut, siku, leher, bahu, dan lain - lain. Kalian penasaran kan apa sih yang menyebabkan bunyi kretek pada persendian tersebut?. Dari beberapa sumber yang saya dapatkan saya menarik kesimpulan yang sederhana dan praktis yang membuat kalian gampang membacanya, Ok langsung saja kita bahas:


Penyebab bunyi kretek pada persendian dikarenakan kita pada saat menarik tulang - tulang di sendi, terjadilah peregangan sendi dari satu sama lain. Akibatnya terdapat ruang di sendi yang mengurangi tekanan didalamnya. Tekanan yang berkurang tersebut menarik gas - gas yang kemudian terlarut dalam cairan sinovial.

Hal ini menyebabkan gas yang didalamnya akan bercampur dengan yang diluar, mengakibatkan gas didalam cairan sinovial tersebut akan dilepaskan. Letusan gas - gas inilah yang menghasilkan bunyi "kretek" pada persendian. Menurut para ahli, cairan sendi harus menyerap gas kembali beberapa saat sebelum kita dapat membunyikannya lagi.

Meskipun begitu, kita tidak boleh membunyikannya secara berlebihan, karena apa?. Karena kita akan merusak jaringan lembut di sekitar sendi, sehingga bagian tubuh yang dibunyikan secara berlebihan akan bengkak dan sulit digerakkan. Jadi jangan berlebihan juga ya.

Sekian artikel dari saya, jika ada salah kata mohon maaf dan semoga bermanfaat bagi kalian.

Artikel Terkait

Penyebab bunyi kretek pada persendian
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email