Saturday, January 20, 2018

Penyebab Menutupnya daun Putri Malu

Halo berjumpa dengan saya, nah kali ini saya akan membahas “Kenapa daun Putri Malu menutup saat disentuh” ada yang heran bukan kenapa bisa terjadi, langsung saja kita bahas:


Daun putri malu atau (Mimosa pudica) akan menguncup ketika disentuh, terkena tekanan panas, maupun tiupan angin karena adanya rangsangan, yang disebut seismonasti. Gerakan menutup daun ini terjadi ketika bagian tertentu dari sel kehilangan tekanan tugor (kekakuan daun), yaitu tekanan pada dinding sel oleh air yang terdapat dalam vakuola (lubang sel) dan isi sel lainnya. Adanya aliran air itu menyebabkan kadar air sel-sel motorik didaerah sentuhan berkurang, sehingga tekanan tugornya mengecil, mengakibatkan daun menjadi seperti layu dan menguncup.

Selain itu, menguncupnya daun putri malu juga disebabkan karena hilangnya turgor (kekakuan daun) dalam sel – sel pulvinus. Pulvinus adalah organ penggerak khusus yang berada di tulang daun. Akibatnya, batang, cabang, dan tulang daun menjadi layu dengan ditandai dengan mengatupnya daun putri malu. Setelah beberapa saat, tekanan turgor sedikit demi sedikit akan kembali dalam keadaan normal, diikuti dengan tegaknya kembali batang, cabang, dan mengembangnya seluruh daun putri malu.

Baca juga Fungsi kafein memperlancar buang air kecil

Rangsangan pada daun putri malu menjalar, baik dari ujung ke pangkal, ataupun dari pangkal ke ujung daun. Jika sebatang korek api menyala diletakkan dibawah ujung selembar daunnya, maka bukan daun itu saja yang segera menguncup, tetapi secara bertahap dan cepat semua daun yang lain setangkai dengan daun itu akan ikut menguncup. Kemudian, perlahan – lahan ruas utama pun bereaksi, hingga kemudian rangsangan itu bergerak keseluruh bagian atas dan bawah batang, dan menyebabkan daun putri malu terkulai seluruhnya.

Sekian terima kasih, semoga bermanfaat artikelnya.


Artikel Terkait

Penyebab Menutupnya daun Putri Malu
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email