Tuesday, February 16, 2016

Penyebab menggelitik tubuh sendiri tidak merasa geli

Berjumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan membahas "Kenapa sih kalau kita menggelitik diri sendiri tidak terasa geli dibandingkan dengan orang lain atau teman yang menggelitik tubuh kita"?. Langsung saja simak dibawah ini :


Geli yang diakibatkan oleh orang lain atau teman kita itu disebabkan karena otak kecil (cerebrum) kita tiba - tiba merangsang saraf respons yang tidak terduga. Akibatnya kita akan tertawa geli dan tidak mampu mengontrolnya.

Lain halnya kalau kita menggelitik tubuh sendiri, mengapa kita tidak merasa geli?. Dikarenakan otak kita sudah terlatih untuk mengetahui apa yang harus dirasakannya ketika kita bergerak atau melakukan fungsi tertentu. Dengan begitu otak kita telah mengantisipasi kontak dengan tangan jika kita menggelitik diri sendiri dan telah mempersiapkan kondisi tersebut.

Otak kecil kita mampu membedakan antara sensasi yang tak terduga dengan sensasi yang diharapkan. Jika otak mengenali sentuhan yang akan datang dari diri kita, hal ini membuat saraf respons peraba kita tidak terlalu intens. Maksudnya otak akan membuat sistem saraf kita menjadi tumpul untuk merasakan sentuhan yang dibuat dari diri kita sendiri, dikarenakan saraf otak kita memiliki kesinambungan antara satu dengan yang lainnya.

Sekian dari artikel saya,semoga bermanfaat bagi kalian semua.

Artikel Terkait

Penyebab menggelitik tubuh sendiri tidak merasa geli
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email